Rabu, 28 Maret 2018

Pantai Papuma Yang Indah


Sunset di pantai Papuma
Pantai Papuma Jember Jawa Timur Yang Menawan, Tempat Wisata Terindah - Jember merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Timur. Meskipun kota ini kecil,namun siapa sangka ternyata memiliki banyak pantai eksotis yang tidak boleh terlewatkan. Baru-baru ini pantai Papuma adalah salah satu pantai yang semakin terkenal karena sering dijadikan sebagai tujuan favorit wisatawan untuk berlibur. Pantai Papuma ini disebut juga sebagai pantai Putih Malikan. Berikut sedikit informasi seputar Pantai Papuma Jember Jawa Timur Yang memiliki pemandangan yang sangat Menawan

Sebelum memasuki kawasan Pantai Papuma, pengunjung disuguhi dengan panorama hutan jati, hutan jati ini merupakan jalan utama untuk masuk menuju pantai ini. Hutan tersebut bernama Hutan Maliki yang masih mempunyai kekayaan fauna dan flora khas Indonesia. Pihak pengelola telah menyedikan jalan khusus bagi wisatawan untuk menuju pantai Papuma, sehingga tidak perlu takut melewati jalan di hutan ini. Pantai Papuma dikenal juga dengan nama pantai Tanjung Papuma karena posisi daratannya menjorok ke laut menyerupai tanjung. Pemandangan pantai Papuma sangat indah dengan suguhan perpaduan antara pasir putih dan batu karang yang menyebar di tepi pantai.

Tujuh karang besar yang menjulang di pantai menjadi ciri khas dari pantai Papuma. Ukurannya yang besar membuat karang-karang itu menyerupai sebuah pulau. Ketujuh karang memiliki nama masing-masing yaitu pulau Kresna, pulau Batara Guru, pulau Narada, pulau Nusa Barong, dan pulau Kajang serta pulau Kodok karena bentuknya menyerupai kodok. Ketika ombak mulai surut, pengunjung bisa merasakan sensasi berdiri di atas batu karang dan terpaan angin yang menyentuh wajah. Namun, tetap harus berhati-hati karena batu karangnya kasar dan terjal, sehingga Anda bisa terluka bila tidak hati-hati. Kemudian, ketika laut surut Anda juga dapat melihat ikan yang berkejaran secara lincah di bawah karang.

Air laut di pantai ini cukup tenang, sehingga nelayan banyak yang berlabuh untuk beristirahat dan turun dari kapal sekitar pukul 11.00 sampai 13.00 siang. Selain itu, biasanya para nelayan juga membawa ikan hasil tangkapan yang bisa Anda beli untuk dibakar langsung di tepi pantai bersama teman-teman. Anda bisa juga membawa ikan-ikan tersebut ke warung-warung yang ada di sekitar pantai untuk dimasak. Tempat wisata ini merupakan lokasi yang sangat cocok didatangi para fotografer karena bisa mengabadikan foto landscape dari kokohnya karang-karang yang menjulang di pantai. Tidak hanya itu, bisa juga menjadi lokasi foto prewedding karena banyaknya spot yang menarik.

Dibalik keindahannya, ternyata Pantai Papuma menyimpan cerita mistis yang hingga kini masih dipercaya oleh masyarakat luas. Beberapa cerita mistis yang beredar dikalangan masyarakat adalah. Ombak di pantai selatan sering memakan korban. Sebagai pantai yang masuk dalam rangkaian pantai selatan, Pantai Papuma memiliki gulungan ombak yang besar dan ganas sehingga banyak wisatawan yang hanyut tertelan ombak.
Batu Malikan, salah satu batu raksasa yang berada di pantai ini dipercaya merupakan tempat Raden Mursada memancing. Di atas batu itulah Raden Mursada tak sengaja memancing ikan ajaib, Raja Mina, yang kemudian ia lepaskan. Di batu ini pula kail Joko Samudera tersangkut ular raksasa yang kemudian dibelah menjadi tiga bagian.


0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda