Kamis, 22 Maret 2018

Indahnya Danau Ranu Kumbolo

Wisata ranu kumbolo merupakan satu objek wisata paling terkenal di daerah Jawa Timur khususnya bagi mereka yang menyukai wisata alam yang masih perawan. Selain itu wisata ini juga dianggap menarik karena ia berada di jalur pendakian gunung semeru dan masuk dalam area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Kondisi alam yang masih perawan lengkap dengan udara yang segar akan membebaskan segala pikiran pusing yang disebabkan oleh kehidupan modern yang penuh dengan kesibukan. Oleh karena itu, objek wisata danau ranu kumbolo semeru ini populer untuk dipilih meskipun lokasinya agak susah dijangkau oleh kebanyakan anak-anak muda. Ada banyak kelebihan lain juga yang dimiliki oleh wisata danau ranu kumbolo Jawa Timur meskipun daerah wisata ini tidaklah dijadikan ikon resmi pariwisata Jawa Timur yang biasanya disematkan pada Kota Batu Malang dengan perkebunan apel-nya. Selain itu memang objek wisata di daerah Jawa Timur yang menarik memanglah sangat banyak, termasuk dengan gunung bromo.

Meskipun demikian, danau ranu kumbolo tetap memiliki kelebihannya tersendiri dibandingkan dengan berbagai objek wisata yang lain meskipun tentu saja ada juga kekurangannya yaitu lokasinya yang cenderung lebih susah dicapai tapi itu merupakan tantangan tersendiri bagi orang yang ingin mengunjunginya.Ada sebagian pendaki yang bilang bahwa danau ranu kumbolo angker dan sangat penuh misteri. Menurut cerita yang beredar di masyarakat setempat, konon ceritanya di danau ini terdapat sesosok wanita yang diyakini merupakan penunggu ranu kumbolo. Dia sesekali akan muncul di saat bulan purnama.

Memang banyak sekali cerita misteri di gunung semeru yang beredar di kalangan pendaki seperti keberadaan patung arcopodo yang misterius, misteri blank 75 yang sering membuat para pendaki tersesat dan misteri danau ranu kumbolo yang penuh dengan nuansa mistis. Ada sebuah kejadian nyata yang dialami penulis, pada saat itu penulis sedang melakukan bakti sosial (baksos) di Desa Ranupani pada bulan Agustus 2004. Saat itu di desa Ranupane terdapat sepasang pengantin yang baru menikah dan pergi ke danau ranu kumbolo untuk melakukan sesajen dengan membawa berbagai macam makanan yang akan dipersembahkan kepada penunggu danau ranu kumbolo.


Setelah membakar dupa di pelataran yang terdapat di pinggiran danau ranu kumbolo, sepasang pengantin baru tersebut mandi di danau ranu kumbolo, tapi ternyata si pengantin wanita terseret arus kuat ke dalam danau dan setelah beberapa lama muncul kembali dalam keadaan tidak bernyawa.Paket wisata danau ranu kumbolo sebenarnya sederhana. Meskipun demikian, satu hal yang mungkin bisa menjadi masalah adalah paketnya yang biasanya satu paket dengan paket pendakian gunung semeru. Hal itu akan sedikit menyusahkan bagi mereka yang berusia lanjut.

Oleh karena itu, paket wisata ranu kumbolo ini populer khususnya di kalangan anak muda yang memang menginginkan jenis wisata yang sekaligus juga menantang. Maka wisata ini juga bisa menjadi pilihan yang menyenangkan untuk mereka yang suka bertualang di alam bebas. Tapi jika anda hanya ingin mengunjungi danau ranu kumbolo saja, itu juga tidak akan jadi masalah.

Tentu saja paket wisata ranu kumbolo akan lebih menyenangkan jika dilakukan dalam bentuk grup. Hal itu sebenarnya disebabkan oleh menariknya mendaki gunung secara berkelompok daripada mendaki sendirian kecuali tentunya pada beberapa orang tertentu. Tentu saja biaya yang harus diperhitungkan untuk mengambil wisata ranu kumbolo yang pertama adalah biaya akomodasi menuju titik awal pendakian Semeru. Hal ini perlu diperhitungkan untuk menghemat tenaga yang dibutuhkan untuk masa pendakian itu sendiri.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda